Tips 9: Kestabilan Tubuh

04May10

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan atau melakukan eksekusi teknik Aikido adalah kestabilan tubuh. Apabila tubuh kita dalam keadaan tidak stabil dalam melakukan eksekusi suatu teknik, maka kita sendiri akan mempunyai resiko untuk ikut terjatuh atau gagal dalam melakukan teknik tersebut. Hal ini terjadi baik dalam posisi kita melakukan eksekusi teknik dalam keadaan berdiri maupun eksekusi teknik dalam keadaan duduk. Pelaksanaan eksekusi dalam keadaan duduk membutuhkan konsentrasi dan usaha yang lebih besar untuk menstabilkan tubuh, jika dibandingkan dengan eksekusi yang dijalankan dalam keadaan berdiri. Untuk itu latihan secara rutin bergerak shiko menjadi salah satu latihan dasar untuk berlatih stabil dalam keadaan jongkok atau zagi. Begitu pula dalam keadaan berdiri, walau kita sehari hari sudah melakukan hal tersebut, tapi kadangkala kita tidak sadar, apakah berdiri kita sudah dalam keadaan stabil atau belum. Jadi kadang kita juga harus belajar kembali bagaimana berdiri yang stabil. Bagaimana berdiri yang stabil? Menempatkan titik berat tubuh kita dengan baik, itulah kata kunci untuk dapat berdiri dengan stabil. Yang ini berarti bahwa berdiri dengan nyaman dan tidak mudah goyang apabila ditarik maupun didorong.



No Responses Yet to “Tips 9: Kestabilan Tubuh”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: