Tips 2: Pemanasan

21Apr10

Hampir semua jenis olah raga mensyaratkan adanya pemanasan sebelum mulai melakukan olah raga atau berlatih. Demikian juga halnya dengan berlatih Aikido, kadang kala kita secara tidak sadar sering mengabaikan hal ini, terutama apabila kita datang terlambat di dojo dan latihan telah dimulai. Pemanasan mempunyai peran yang sangat penting khususnya dalam berlatih Aikido. Sebagai salah satu beladiri, Aikido cukup banyak gerakan gerakan yang membutuhkan perenggangan otot, baik dimulai dengan ukemi maupun ketika kita menjadi uke dan harus menerima suatu teknik, dimana tidak sedikit teknik dalam Aikdo yang mengeksploitasi persendian, khususnya pergelangan tangan dan lengan. Untuk itu adanya perenggangan atau pemanasan khususnya pada persendian maupun otot lainnya menjadi hal yang sangat penting sebelum berlatih. Bagi para Aikidoka yang pernah mengalami gangguan pada persendian tertentu, penggunaan supporter dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengurangi resiko cedera di tempat yang sama.



No Responses Yet to “Tips 2: Pemanasan”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: